Tumor Payudara Pada Wanita

Tumor fibroadonema atau tumor payudara pada wanita muda. Ini merupakan jenis tumor jinak pada wanita muda yang berusia antara 20-25 tahun. Seperti kista payudara, kemunculan dari tumor ini ada hubungannya dengan kadar hormon estrogen dalam tubuh. Dapat tumbuh hanya tunggal saja, bisa juga timbul majemuk. Seperti yang sudah diatas, tumor jinak pada payudara teraba tidak keras, dapat digerak-gerakkan dari dasarnya, dan besarnya tidak berubah seiring dengan siklus haid. Tidak ada perubahan yang terjadi pada putting susu, dan juga tidak terasa nyeri sedikitpun sekalipun ditekan. Tumor jinak ini biasanya dibuang pada hanya pada bagian tumornya saja setelah dilakukan pemeriksaan selnya yang tergolong jinak (biopsy patologi anatomic). Ada teknik operasi yang lebih canggih, selain lebih cepat, dan hanya menyidakan bekas operasi yang minimal. Salah satunya adalah dengan cryoablation, atau yang biasa disebut dengan visica treatment system.

Tumor Payudara Pada Wanita

Tumor Payudara Pada Wanita

Mendeteksi tumor payudara pada wanita dapat dilakukan dengan cara :

  1. Pemeriksaan rutin sendiri
  2. Laboratorium darah LED (Laju endap darah) meninggi
  3. Mammography
  4. Thermography
  5. USg (ultrasonography)
  6. Radioculeotide
  7. Penanda tumor (tumor marker) dari darah
  8. MRI-scan

Tumor payudara pada wanita juga dapat merupakan suatu manifestasi kambuh yang pertama (ekstramedularis) pada leukemia limfoblastik akut. Laporan dalam kepustakaan termasuk kasus sarcoma akibat radiasi yang teradi (radiation-induced sarcoma) payudara wanita remaja dan kasus liposarkoma pada seorang anak wanita kulit hitam berumur 17 tahun yang sebelumnya telah mengalami mastektomi total.

Gejala tumor payudara pada wanita yang biasanya terjadi adalah rasa nyeri di payudara, ada suatu benjolan, payudara lembek. Masalah pada payudara ini jangan disepelekan karena bila tmor telah menjadi kanker (keganasan) dan menyebar ke bagian lain maka hal ini juga akan menjadi sulit diobati. Oleh karena itu, setiap perubahan yang terjadi apapun bentuknya perlu diamati karena akan menjadi suatu yang mengkhawatirkan yang berupa bibit tumor atau kanker. Perempuan yang mengonsumsi pil KB berisi hormon estrogen akan mengeluh payudaranya bertambah besar, membengkak, dan kencang, layaknya sedang hamil. Dan itu normal. Demikian pula bila payudara dibaluri krim awet muda kulit wajah (face cream) yang berisi estrogen-progesteron, juga sama-sama merasakan payudaranya menjadi membengkak.

Pemeriksaan tumor payudara SADARI

Pemeriksaan tumor payudara SADARI

 pada wanita dilakukan sendiri dirumah disebut dengan SADARI. Caranya sederhana, seperti dibawah ini :

 

  1. Amati pada payudara Anda dengan seksama, lihatlah apakah ada suatu perbedaan atau suatu kelainan, atau malah terbilang normal. Cara mengamatinya adalah dengan mengangkat kedua tangan hingga diatas kepala Anda, kemudian setelah itu letakkan pada kedua tangan di pinggang Anda. Cara ini bisa membantu Anda untuk mengenali payudara Anda. Apakah ada suatu perubahan bentuk dari payudara yang menjadi tidak simetris Anda juga bisa melihar apakah ada kerutan pada bagian payudara Anda, jika kulit berubah sepertyi kulit jeruk maka segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter.
  2. Kemudian angkatlah lengan kiri pada atas kepala untuk memberikan sedik pijatan yang lembut pada payudara Anda. Gunakanlah permukaan jari yang rata untuk memijat payudara. Pastikan Anda menyentuh semua bagian payudara. Gunakanlah pola yang sama pada setiap bulannya yang dilakukan setelah haid. Meraba, kemudian menekan atau sedikit memijat dengan lembut payudara untuk membantu mengetahui apakah adanya suatu benjolan. Walau tidak semua benjolan merupakan kanker, namun Anda harus tetap memeriksakannya kepada dokter.
  3. SADARI dilakukan dengan tiga gerakan pijatan. Gerakan yang pertama adalah gerakan arah berputar dengan cara menyentuh seluruh dibagian payudara. Kemudian raba payudara dengan cara gerakan memutar seperti mengelilingi pada area putingnya. Gerakan kedua, lakukan pemeriksaan sendiri dilakukan dengan sistematis, dengan cara arah naik turun. Pastikan semua bagian payudara tersentuh, dari pinggirnya sampai ke tengahnya. Dan yang ketiga, lakukan pemeriksaan payudara sendiri dengan cara gerakan arah luar dan kemudian masuk pada setiap bagian payudaranya.
  4. Memeriksa bagian puting dengan cara menekannya agak lembut. Dan pastikan apakah ada cairan yang keluar saat ditekan. Jika puting dirasa lunak dan mengeluarkan cairan, maka Anda harus memeriksakannya ke dokter. Dan juga jika ada tanda warna merah, bengkak, serta puting bersisik.
  5. Pemeriksaan payudara sendiri bisa Anda lakukan sendiri dengan cara berbaring. Cara yang dilakukan adalah dengan memeriksakan antara payudara Anda dengan ketiak. Serta jga didaerah antara payudara dan tulang dada, sambil berbaring. Ulangilah semua langkah 3 diatas untuk bagian payudara sebelahnya. Waspadai juga pada benjolan yang ad adi sekitar ketiak.
  6. Pemeriksaan ini dilakukan minimal 10 menit dan dilakukan setiap bulan. Jika Anda menemukan suatu benjolan yang menetap dari bulan ke bulan sebaiknya lakukan pemeriksaan untuk mendapatkan penanganan yang lebih.

Tumor Payudara Pada Wanita


>>> Keladi Tikus (Typhonium Flagelliforme) Membantu Menghambat Pertumbuhan Kanker/Tumor dan Memelihara Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!


This entry was posted in penyakit tumor payudara and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>